Gubernur Riau Buka PERTIKA V UIN Suska Riau Tahun 2022

uin-suska.ac.id Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Pekanbaru 14-001 dan Gugus Depan Kota Pekanbaru 14-002 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kembali melaksanakan Perkemahan Bakti Pramuka (PERTIKA) tahun 2022. Acara pembukaan PERTIKA V  ini diselenggarakan di halaman depan gedung Rektorat UIN Suska Riau, Rabu (03/11/2022).

Kegiatan PERTIKA V ini diseleggarakan selama 6 hari mulai dari tanggal 01 s.d 06 November 2022 yang berpusat di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau dengan mengusung tema “Melalui PERTIKA wujudkan Pramuka Riau yang Gemilang dan Terbilang”, slogan “Ikhlas Bakti Bina Insani Kreasi Islami” dan Moto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si, Wakil Rektor III UIN Suska Riau Prof. Dr. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D, Kepala Biro AUPK UIN Suska Riau, Dra. Kafrina, M.Si, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau H. Kasiarudin, S.H, Ketua Gugus depan Kota Pekanbaru 14-001 UIN Suska Riau dan Ketua Gugus depan Kota Pekanbaru 14-002 UIN Suska Riau.

Bertindak sebagai Pembina Upacara pada acara pembukaan Pertika V ini adalah Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Drs. H. Masrul Kasmy, M.Si. Dalam Sambutan Gubernur Riau yang dibacakannya, Beliau menghimbau kepada seluruh peserta pramuka agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pramuka dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga nama baik sekolahnya.

Dengan diselenggarakanya kegiatan PERTIKA V ini diharapkan para peserta bisa tumbuh menjadi generasi yang unggul seperti yang diharapkan oleh bangsa melalui pendidikan Formal maupun non formal.

Kegiatan PERTIKA V diikuti oleh SMA, MA, dan SMA Sederajat dan Perguruan Tinggi sedaerah Riau yang terdiri dari 26 umpi  Putri dan 22 umpi Putra dan 24 Pangkalan dengan jumlah keseluruhan 423 Peserta.  PERTIKA merupakan kegiatan bakti pramuka yang membentuk perkemahan dengan sasaran membentuk kader kepemimpinan bangsa  pembangunan masyarakat dan cinta lingkungan yang asri. Selama pelaksanaan PERTIKA, Para peserta akan mengikuti  berbagai kegiatan mulai dari bakti, pengetahuan dan penyuluhan, prestasi, permainan rakyat, wisata hingga pertemuan Bindam.

Rektor UIN Suska Riau dalam hal ini diwakili oleh wakil Rektor III UIN Suska Riau mengatakan bahwa ada tiga sasaran dan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan PERTIKA V ini. Pertama, PERTIKA V merupakan ajang pelatihan, nantinya para peserta akan diajarkan mengenai Leadership, kedisiplinan dan lain sebagainya. Kedua, sebagai ajang pengabdian kepada masyarakat. Ketiga, PERTIKA V bertujuan untuk sosialisasi kegiatan-kegiatan kepramukaan kepada masyarakat.

Di kesempatan yang sama Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, H. Kasiarudin, S.H mengatakan  bahwa Pramuka ini mempunyai banyak keunggulan jika di dunia pendidikan ada yang namanya tingkat kecerdasan majemuk, di pramuka ada lima kecerdasan yang biasa disebut dengan kecerdasan SESOSIF yakni kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.

Penulis : Sukmawati

 

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …