Mahasiswa UIN Suska Riau Menjadi Penulis Terbaik dalam Ajang Pertamina Hulu Rokan

 

 

uin-suska.ac.id “Saya sangat bangga kepada Alby Yasin, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau, yang meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis yang diikuti oleh lebih empat ratus mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi di Riau.” Ucapan tersebut disampaikan oleh Dr. Kunaifi, ST., PgDipEnST., M.Sc., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dalam sambutannya mewakili pimpinan tujuh Perguruan Tinggi di Riau, di Hotel Pangeran, Pekanbaru, (5/10/2022). Kegiatan tersebut merupakan akhir dari rangkaian kegiatan “PHR Goes to Campus”, yang diadakan oleh Forum Wartawan Migas Riau bekerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Dalam kegiatan PHR Goes to Campus, Forum Wartawan Migas Riau, PHR, dan Rumbai Geology Club, secara bergantian berkunjung ke tujuh pergruan tinggi di Provinsi Riau yang terdiri dari Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Muhammadiyah Riau, STIE Bangkinang, dan UIN SUSKA Riau. Dalam kunjungan ke setiap kampus, mahasiswa dibekali informasi terkait proses pembentukan, produksi, dan tata kelola minyak bumi, terkhusus di wilayah kerja Rokan. Selain itu, peserta juga dilatih kemampuan menulis, khususnya dalam tema perminyakan dan gas. Ketua Forum Wartawan Migas Riau, Satria, mengungkapkan bahwa kemampuan menulis mahasiswa mulai terkikis oleh perkembangan zaman karena telepon cerdas mengubah fokus perhatian generasi muda.

Dari lebih empat ratus peserta dari tujuh perguruan tinggi di Riau, penyelenggara memilih 10 nominator berdasarkan kualitas tulisan yang mereka hasilkan pada saat pelatihan. Sepuluh nominator tersebut mendapat kesempatan berharga melakukan field-trip ke wilayah kerja PHR di lapangan Minas. Para nominator menuangkan pengalaman dan pengetahuan baru yang telah mereka dapatkan dalam bentuk reportase.

Muhammad Alby Yasin terpilih menjadi juara 1 lomba karya tulis, mengungguli 10 nominator. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih bisa mengikuti kegiatan ini karena selain mendapatkan ilmu mengenai eksplorasi minyak dan gas secara langsung di Wilayah Kerja Rokan PT PHR, kegiatan ini juga melatih kami selaku mahasiswa dalam mengembangkan skill dalam penulisan kreatif,” ucap mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum tersebut.

Menanggapi prestasi yang diraih oleh Muhammad Alby Yasin, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D. menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi mahasiswa UIN Suska tersebut. Beliau menambahkan bahwa UIN Suska Riau terus bertekad memberikan dukungan dan support bagi mahasiswa untuk meraih capaian prestasi baik lokal, nasional maupun internasional. Edi Erwan juga menyampaikan terimakasih kepada Forum Wartawan Migas Riau, PHR, dan segala pihak yang telah menyelenggaran program PHR Goes to Campus 2022.

Penulis: Muhammad Alby Yasin, Kunaifi

Foto : Eksal Yoga Setiawan

Editor: Humas

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …