Melalui Program PPG, FTK UIN Suska Riau betekad lahirkan Guru Profesional dan Berkompeten

uin-suska.ac.id Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau selenggarakan Refreshment Dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG)  Tahap III dalam jabatan lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) UIN Suska Riau pada tanggal 30 September 2022 yang bertempat di Grand Suka Hotel Pekanbaru. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag dengan didampingi oleh Dekan Fakultas tarbiyah dan Keguruan Dr. Kadar, M.Ag.

Wakil Rektor I UIN Suska Riau mengucapkan Apresiasi dan tahniah kepada FTK yang telah terpilih sebagai penyelenggara PPG pada tahun ini layaknya sebagai prodi baru dan sekaligus juga tahun ini kembali diberi amanah untuk menyelenggarakan PPG dalam jabatan.”Ini merupakan kebanggaan bagi kita sekaligus juga tantangan karena ini menuntut tanggungjawab yang tinggi,mempertaruhkan nama baik FTK sebagai LPTK sekaligus sebagai institusi UIN Suska Riau, juga mempertaruhkan kredibilitas dosen yang terlibat didalamnya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa PPG programnya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru. Kita harus bisa mengantarkan para guru ini menjadi guru yang berkompeten dan professional” ujar Wakil Rektor I UIN Suska Riau.

Kegiatan Refreshment Dosen PPG tahap III ini diikuti oleh 38 orang dosen yang berasal dari FTK yang nantinya bertugas memberikan materi dan pengajaran kepada para guru yang mengikuti Program PPG tahap III pada Oktober ini dan ada 8 LPTK baru yang akan mengikuti kegiatan ini nantinya.

 

Ada 3 orang narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini, narasumber yang pertama adalah Dr. Muhammad Zain, Narasumber yang kedua adalah Dr. Mustofa Fahmi, S.Pd dan Narasumber yang ketiga adalah Ahmad Zukhruf, S.Pd, Akan tetapi Narasumber yang kedua tidak bisa mengisi Materi dikarenakan beliau memiliki jadwal bersamaan ditempat lain.

“Kegiatan PPG rencananya akan dilaksanakan selama 4 bulan mulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember dengan serangkaian kegiatan, mulai dari pendalaman materi, lokakarya, ujian kinerja (UKIN) dan  diakhiri dengan Ujian Pengetahuan (UP) yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada akhir Januari di tahun 2023” Ujar wakil Ketua PPG Pangoloan Soleman, S.Pd, M.Si.

“Dengan adanya Pendidikan profesi guru ini diharapkan para guru setidaknya memiliki 4 K, K yang pertama adalah Kualifikasi dengan harapan guru yang sudah disertifikasi nantinya akan menjadi guru yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dimana nanti guru akan memberikan konten-konten pendidikan sesuai dengan zaman dimana siswa itu berada. K yang kedua adalah Kompetensi, setelah kualifikasi dipenuhi guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi Sosial dan kompetensi kepribadian. K yang ketiga adalah karier, nantinya setelah mengikuti program PPG, karier para guru ini akan naik dan akan memperoleh sertifikat Guru. K yang keempat adalah kesejahteraan, setelah mengikuti program PPG guru akan akan memiliki Tunjangan,” tambah Pangoloan.

Begitu banyak keuntungan yang akan di dapatkan oleh para guru yang mengikuti Program PPG ini oleh karena itu untuk para guru janganlah ragu untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh FTK ini.

Penulis : Sukmawati

Editor  : Humas

 

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …