FST UIN Suska Riau Lakukan Peningkatan Revitalisasi Laboratorium Tahun 2022

uin-suska.ac.id Dana revitalisasi laboratorium FST UIN Suska Riau merupakan hasil pemikiran Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dibawah PTKIN dengan melakukan Audiensi dengan Dirjend Pendis Tahun 2016. Hasil audiensi dan pengawalan secara berkala dengan Dirjend Pendis pada tahun 2017 FST UIN Suska Riau memperoleh dana revitalisasi Laboratorium FST dengan anggaran 2 Miliar. Namun, realisasi dana revitalisasi laboratorium lab FST UIN Suska Riau terkendala pada tahun 2019 dan 2020 sehingga tidak bisa direalisasikan. Tahun 2021 dan 2022 alhamdulillah FST UIN Suska Riau dapat merealisasikan pengguanaan dana ini sebesar Rp 800.000.000 untuk tahun 2021 dan Rp 1.150.000.000 untuk tahun 2022. Saat ini sedang pengusulan kembali untuk mendapatkan dana revitalisasi laborarorium tahun 2023. Progress saat ini, sudah ada diskusi dengan Bagian Perencanaan Kementrian Agama dengan adanya permintaan naskah akademik dana revitalisasi lab FST UIN Suska Riau untuk memperkuat argumentasi di Bapenas.

Tahun 2021 FST UIN Suska Riau bergasil mendapatkan Laboratorium Energi Surya dan Laboratorium Software Engineering. Laboratorium ini telah digunakan untuk berbagai aktivitas akademik meliputi pratikum, Penelitian, publikasi dan Kerjasama dengan beberbagai pihak. Tahun 2022 ini revitaliasi laboratorium Kembali dilakukan untuk tiga program studi di FST UIN Suska Riau meliputi Teknik Industri, Teknik Informatika dan Matematika.

Laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

 

Laboratorium Software Engineering
  1. Laboratorium Proses Manufaktur

Laboratorium ini dikelal dengan Mini Factory Laboratory bertujuan untuk mendukung program Praktikum Terintegrasi yang di amanatkan oleh Kurikulum inti BKSTI. Lulusan Teknik Industri diharapkan mampu menganalisa proses produksi sebuah produk dan penggunaan fasilitas produksi. Kemudian, dilanjutkan dengan analisa pabrik atau analisa bagaimana mendisain sebuah rencana produksi. Bagi Program Studi Teknik Industri, Laboratorium Mini Factory diharapkan mampu menjawab tantangan didunia kerja berupa lulusan yang memiliki kompetensi yang handal di bidang sistem terintegrasi. Hal ini selaras dengan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran (CPL) Program Studi Teknik Industri yang menitik beratkan pada sistem terintegrasi. Laboratorium ini mangakomodir sistem terintegrasi mulai dari Desain Produk sampai pada Proses Produksi dan Manajemen Mutu Produk. Berbeda dengan laboratorium secara umum, dimana Laboratorium secara umum terpecah-pecah berdasarkan pada topik kajian tertentu yang mangakibatkan mahasiswa sulit untuk mendapatkan ilmu dan keahlian secara utuh. Alokasi dana pengadaan lab ini sebesar  Rp. 600.500.000.

Laboratorium Proses Manufaktur
  1. Laboratorium Multimedia

Laboratorium Multimedia dan Konferensi merupakan laboratorium yang dirancang khusus untuk kebutuhan perkuliahan dan praktikum mahasiswa Prodi Teknik Informatika berbasis online. Terkhusus pada masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan proses perkuliahan dan praktikum harus dilakukan sebagian besar secara online. Laboratorium Multimedia dan Konferensi mendukung proses dosen untuk melakukan perkuliahan secara online layaknya seperti perkuliahan secara offline. Tersedia perangkat kamera streaming yang mampu merekam secara langsung (live), dan terintegrasi dengan papan tulis digital (Google Jamboard) yang dapat berinteraksi dengan mahasiswa secara langsung di papan tulis tersebut. Kemudian dilengkapi dengan audio yang memudahkan proses komunikasi secara langsung. Laboratorium Multimedia dan Konferensi dapat digunakan sebagai ruangan konferensi online, rapat online, FGD dan berbagai pertemuan online lainnya. Selain itu, dapat dijadikan tempat produksi produk-produk pembelajaran multimedia yang dapat membantu proses perkuliahan dan praktikum secara online. Lab ini juga memiliki papan tulis digital (resmi dari Google) yang tersambung langsung dengan perangkat pembelajaran Google Jamboard (Papan Tulis Digital dari Google). Semua yang ditulis di papan tulis digital akan langsung dibagikan (live-share) kepada semua mahasiswa yang mengikuti. Setiap mahasiswa yang diizinkan dapat berinteraksi langsung dengan papan tulis tersebut dari rumah masing-masing secara online. Sehingga proses perkuliahan dan praktikum menjadi lebih efektif dan optimal. Alokasi biaya lab ini sebesar Rp. 283.000.000.

Laboratorium Multimedia
  1. Laboratorium matematika dan statistika

Laboratorium Matematika dan Statistika bertujuan menyediakan fasilitas komputer yang dilengkapi dengan software-software matematika yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai teori yang diajarkan di kelas untuk dipraktekkan di laboratorium. Disamping itu, laboratorium ini juga bertujuan untuk memfasilitasi dosen dalam menyelesaikan penelitian. Laboratorium ini sangat dibutuhkan di Program Studi Matematika untuk meningkatkan kualitas lulusan dan penelitian para dosen. Pada saat ini kondisi Laboratorium Matematika dan Statistika sudah tidak memadai lagi, baik dari segi kuantitas dan spesifikasi komputernya maupun luas ruangan laboratorium. Laboratorium ini difasilitasi dengan komputer yang memadai untuk diinstall berbagai software matematika yang dibutuhkan dalam pengajaran dan penelitian di bidang matematika. Dengan adanya laboratorium ini diharapkan beberapa matakuliah yang sebelumnya hanya mengajarkan teori saja, sudah bisa dilakukan praktikum berupa komputasi ataupun simulasi. Biaya pengadan lab ini sebesar Rp. 266.500.000.

Laboratorium matematika dan statistika

Tahun 2023 FST UIN Suska Riau Kembali mengajukan bantuan dana reviltalisasi Laboratorium dengan Total Biaya Rp. 2.203.148.950. Biaya ini digunakan untuk pengajuan revitaliasi untuk beberapa laboratorium meliputi Laboratorium Halal Teknik Industri, Laboratorium Research Data Science, Laboratorium Energi, Teknik Komputer, Laboratorium Telekomunikasi, Laboratorium Elektronika Instrumentasi, Laboratorium Rekayasa Sistem Informasi, dan  Laboratorium Matematika Dan Statistika.  Dukungan beberapa pihak dibutuhkan dalam mewujudkan realisasi pengembangan fasilitas laboratorium menuju SDM yang unggul.

 

Penulis : Fitra Lestari

Editor : Humas

About hendry

Check Also

Wujudkan UIN Suska Unggul, LPM UIN Suska Riau Gandeng UIN Jogyakarta

uin–suska.ac.id Dalam rangka mewujudkan UIN Suska Riau yang unggul, LPM UIN Suska Riau menggandeng LPM …