MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA, SESJEN WANTANNAS BERI KULIAH UMUM DI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id 08/09/2022 Bertempat di ruang Auditorium Lt 5 gedung Rektorat, Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional RI ( Sesjen Wantannas RI ) Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.E., S.H., M.H., M.Tr (Opsla) memberikan kuliah umum dihadapan pejabat ketahanan Nasional, mahasiswa , dosen dan pimpinan UIN Suska Riau, dengan mengusung tema “ Indonesia sebagai poros maritim dunia “.


Prof. Dr. Hairunnas , M.Ag selaku Rektor UIN Suska Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Indonesia memiliki ribuan pulau yang berjejer dan disatukan oleh NKRI , tugas kita adalah harus menjaga dan merawat dari semua yang dapat merongrong dan dapat merugikan Indonesia, mari kita teruskan perjuangan para pahlawan kita agar Indonesia bermartabat dimata dunia dan tetap menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar Negara, saya sangat menyambut baik kedatangan bapak sesjen Wantannas dan tim untuk memberikan pencerahan kepada kita , UIN Suska Riau siap mendukung program pemerintah dalam rangka menjadikan Indonesia berdaulat dan bermartabat, sehingga menjadikan Indonesia sebagai poros Maritim dunia” ujar Hairunnas.

Prof. Dr. Hairunnas , M.AG

Dalam pemaparannya Sesjen Wantannas menjelaskan bahwa laut merupakan daerah Vital Indonesia, karena tiga perempat dari wilayah Indonesia adalah perairan.
Kebijakan kelautan Indonesia berdasarkan Perpres RI No 16 tahun 2017, visi poros maritim dunia memiliki sikap geopolitik sebagai negara maritim untuk kepentingan nasional dapat dicapai dengan menggunakan lingkungan maritim sebagai salah satu medianya,” jelas Sekjen Wantannas.

Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional RI ( Sesjen Wantannas RI ) Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.E., S.H., M.H., M.Tr

Laut sebagai lingkungan maritim memiliki arti penting sebagai media pemersatu bangsa, media perhubungan, media penyedia sumber daya alam, media pertahanan dan keamanan serta media membangun pengaruh. Oleh karena itu menjadi suatu keniscayaan bagi indonesia untuk dapat mengelola laut dengan sebaik-baiknya guna mendukung kepentingan nasional indonesia. Ada enam elemen Untuk dapat menjadi sebuah negara yang kuat di bidang maritim yaitu Geographical Position (posisi geografis), Physical Conformation, (bentuk fisik), Extent of Territory (luasnya wilayah) ,Number of Population (jumlah penduduk), Character (karakter bangsa), Character of Government (karakter pemerintah).
Selain itu, Laksdya Harjo juga menjelaskan tentang tugas dan Fungsi Wantannas dalam Strategi Keamanan Nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia, serta peran Akademisi turut serta dalam mewujudkan Keamanan Nasional dengan terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi

penulis : Muzaiyana

About hendry

Check Also

Prof. Amin Suma Resmi Lantik HISSI UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Himpunan Ilmuwan dan Sarjana Syariah Indonesia (HISSI) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau …