5.283 Mahasiswa Baru UIN Suska Riau Ikuti Kegiatan PBAK

uin-suska.ac.id Selasa 30 Agustus 2022 bertempat di Masjid al-Jami’ah UIN Suska Riau Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk mahasiwa baru tahun ajaran 2022/2023 diselnggarakan. Acara ini diikuti oleh 5.283 mahasiswa baru. Kegiatan PBAK ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Mas’ud Zein, M.Pd didampingi Kepala Biro AAKK para wakil rektor dan para dekan di lingkungan UIN Suska Riau.

Acara PBAK dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh salah seorang peserta PBAK yang berasal dari Fakultas Syari’ah dan Hukum dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Ketua Ma’had al-Jami’ah UIN Suska Riau Dr. Azni. M.Ag.

Pemateri PBAK pertama disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Helmiati, M.Ag. Dalam materinya Helmiati membahas tentang sistem perkuliahan yang dilaksanakan di kampus UIN Suska Riau. “Metode pembelajaran di kampus berbeda dengan SMA, ada tiga komponen pembelajaran di perguruan tinggi yaitu pembelajaran mandiri, terstruktur, dan pembelajaran tatap muka” terang Prof Helmiati.

Prof. Dr. Helmiati, M.Ag

Pemateri kedua adalah Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Dr. Mas’ud Zein, M.Pd

Dr. Mas’ud Zein, M.Pd

Selanjutnya materi terahir disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D, beliau menyampaikan mengenai organisasi dan kemahasiswaan

Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D

Dalam kegiatan PBAK ini Dr. Alimuddin Hasan, M.Pd didaulat sebagai pemateri Moderasi Beragama. Alimuddin menyampaikan bahwa moderasi beragama saat ini menjadi sorotan karena berkaitan dengan keutuhan nilai-nilai kebangsaan. Tujuan moderasi beragama agar tidak terjadi pemahaman-pemahaman di tengah-tengah masyarakat yang bertentangan dengan keagamaan dan kebangsaan.

Dr. Alimuddin Hasan, M.Pd

Mahasiswa baru sangat antusias mengikuti kegiatan PBAK Universitas ini. Diakhir kegiatan acara diisi dengan pengenalan organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan UIN Suska Riau.

Kegiatan PBAK tingkat universitas ini berlangsung satu hari dan esok hari dilanjutkan dengan kegiatan PBAK di fakultas masing-masing.

About hendry

Check Also

MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA, SESJEN WANTANNAS BERI KULIAH UMUM DI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id 08/09/2022 Bertempat di ruang Auditorium Lt 5 gedung Rektorat, Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional …