FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM TAJA SEMINAR INTERNASIONAL

uin-suska.ac.id Fakultas Syariah dan Hukum adakan seminar internasional dengan tema “On Contemporary Problem of Zakat and Waqf”. Dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat lantai V pada Senin, 22 Agustus 2022, dengan narasumber Syeikh Dr. Rachid Zergot (Ibnu Khaldun University of Algeria). Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dari Fakultas Syari’ah dan Hukum.


Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Fakultas Syari’ah dan Hukum pada tahun 2021 telah melaksanakan seminar internasional dengan 3 negara; Brunai, Malaysia, Singapura. Seminar hari ini kita mengundang pembicara dari Aljazair dan kita akan terus melaksanakan seminar internasional beberapa bulan yang akan datang. Kita serius melaksanakan ini dalam rangka mewujudkan visi misi gemilang dan terbilang” tuturnya.

Dr. Zulkifli, M.Ag

Dalam seminar tersebut narasumber Syeikh Dr. Rachid Zergot membahas tiga isu besar seputar zakat. Pertama urgensi zakat, dimana terlihat begitu jelas urgensi zakat saat ia selalu disandingkan dengan perintah shalat. Bahkan nabi dalam hal ini menugaskan panitia khusus sebagai pengumpul zakat.

Kedua, zakat merupakan ibadah pada aspek harta, dalam hal ini ulama memahami bahwa aturan zakat begitu ketat, baik pada harta yg dizakatkan atau pada objek zakat. Namun di sisi lain, ada pula pakar memandang luas perkara ini dimana harta zakat bisa berubah berikut objeknya. Termasuk dalam hal ini mereka juga membolehkan harta zakat itu diinvestasikan demi kemaslahatan mustahiq.

Ketiga, dimensi ekonomis yg ada pada zakat. Ini terlihat pada aturan zakat perniagaan dimana yg dizakatkan adalah nilainya, bukan pada bendanya. Ini bertujuan demi terjaminnya ketersediaan uang di masyarakat.

Syeikh Dr. Rachid Zergot

Seminar ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber. Peserta terlihat begitu antusias mengikuti seminar tersebut dibuktikan dengan pertanyaan-pertanyaan menggunakan bahasa arab antara narasumber dengan para peserta.

Penulis : Lasma Sari

Editor : Kasubag Humas

About hendry

Check Also

MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA, SESJEN WANTANNAS BERI KULIAH UMUM DI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id 08/09/2022 Bertempat di ruang Auditorium Lt 5 gedung Rektorat, Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional …