Kolaborasi PLN, KTNA dan FPP Hasilkan Sayuran Hydroponik Berkualitas Tinggi

uin suska.ac.id Rabu (3/8/2022) Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UIN SUSKA Riau selenggarakan acara panen raya sayuran hydroponik yang bertempat di gedung al-Maidah Fakultas Pertanian dan Peternakan. Dihadiri oleh pimpinan serta para dosen dan pegawai UIN Suska Riau. Acara panen raya ini dimulai dengan launching produk TFE (Teaching Farm Experience).

Melalui program Electrifying Agriculture dari PLN dan berkolaborasi dengan KTNA serta FPP UIN Suska Riau hasilkan tanaman hypronik berkualitas tinggi. Tanaman hydroponic ini berbeda dari tanaman hydroponic kebanyakan karena menggunakan Grow Light LED sebagai pengatur cahaya dan sinar UV.

Berkat sinar lampu UV, nutrisi yang dibutuhkan tanaman hidroponik terus terjaga serta mendapatkan cukup sinar selama 24 jam penuh sehingga tanaman tumbuh lebih optimal. Selain itu dengan sistem pengairan yang stabil dan penerangan lampu UV ini, sayur organik dapat dipanen hanya dalam waktu 30-35 hari, lebih cepat dari waktu normalnya yakni 45 hari.

 

Pimpinan yang hadir pada panen raya ini merasa sangat senang dan antusias karena bisa memanen sayuran hydroponic secara langsung. Pada panen raya ini para tamu juga bisa membawa pulang sayuran yang mereka petik sendiri dengan dikemas secara apik oleh para mahasiswa yang tergabung dalam program ini.

Setelah selesai melakukan panen raya para tamu disuguhkan dengan berbagai macam olahan hasil dari produk Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Penulis : Sukmawati

Editor : Kasubag Humas

About hendry

Check Also

MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA, SESJEN WANTANNAS BERI KULIAH UMUM DI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id 08/09/2022 Bertempat di ruang Auditorium Lt 5 gedung Rektorat, Sekretaris Jendral Dewan Ketahanan Nasional …