Dirjen Pendis Kukuhkan Empat Guru Besar UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau gelar perhelatan besar dengan mengkukuhkan empat orang guru besar. Pengukuhan ini dilaksanakan Kamis (04/08/2022) di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau, dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani.

Empat Orang guru besar yang dikukuhkan hari ini adalah Prof. Dr. Helmiati, M.Ag, guru besar dalam bidang Imu Sejarah Islam Asia Tenggara berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 020909/B.II/3/2022 tanggal 24 Mei 2022. Dalam pengukuhannya profesor yg alhi dalam bidang sejarah Islam Asia Tenggara ini menyampaikan orasi ilmiah dengan judul ‘Sintetis Islam dengan Negara dan Kehidupan Publik di Asia Tenggara’

Prof. Dr. Helmiati, M.Ag

Guru besar kedua adalah Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D, guru besar dalam bidang Ilmu Nutrisi, Fisiologi Produksi dan Behavior Ternak Unggas berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 34918/MPK.A/KP. 05.01/2022 tanggal 2 Juni 2022. Dalam pengukuhanya ia menyampaikan orasi ilmiah dengan judul ‘Memperkokoh Swasembada Protein Hewan di Era Persaingan Global dan Perubahan Iklim Melalui Inovasi dan Strategi Nutrisi Pakan’.

Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D

Guru besar ketiga adalah Prof. Dr. Yendraliza, S.Pt, M.P, guru besar dalam bidang Ilmu Peternakan Produksi Ternak berdasarkan SK Meteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 22506/MPK.A/KP.05.01/2022 tanggal 5 April 2022. Orasi Ilmiah yang disampaikanya berjudul ‘Strategi Peningkatan Produktifitas Ternak Potong’.

Prof. Dr. Yendraliza, S.Pt, M.P

Keempat adalah Prof. Dr. Muhammad Syaifuddin, S.Ag, M.Ag, guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan SK Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 020809/B.II/3/2022 tanggal 24 Mei 2022. Beliau menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Problema dan Solusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam Mencetak Lulusan yang Berkualitas.

Prof. Dr. Muhammad Syaifuddin, S.Ag, M.Ag

Pengukuhan guru besar ini merupakan salah satu cara mengapresiasi para dosen yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan jabatan akademik tertinggi yaitu Profesor atau Guru Besar.

“Guru besar merupakan harapan kita untuk mencapai UIN Suska riau yang gemilang dan terbilang di tahun mendatang dengan dikukuhkan empat guru besar yang baru pada hari ini keinginan kita akan segera tercapai. UIN Suka Riau berkomitmen menyiapkan anggaran untuk mencetak guru besar lainnya yang akan lahir dari Universitas yang kita banggakan ini. Rektor juga memotivasi dosen lainya agar segera mempersiapkan diri menjadi guru besar.” ujar mantan dekan fakultas psikologi tersebut.

Sementara itu, dirjen Pendis Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani, dalam sambutannya menyampaikan “Sebagai pemimpin akademik yang baik harus memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi. Guru besar hendaklah menggunakan pendekan humanis jangan melakukan pendekatan sarkasme, jika manusia disentuh kepada kemanusiannya ia akan bersifat abadi. Ketika seseorang mememiliki gelar akademik tertinggi jangan lah berhenti untuk terus belajar karena orang yang terpelajar adalah pemilik masa lalu dan orang yang terus belajar adalah pemilik masa depan” Ujar Dirjen Pendis

Dengan bertambahnya guru besar baru maka akan meningkatkan akreditasi Universitas menuju UIN Suska Riau Gemiang dan Terbilang.

Penulis. Sukmawati
Editor. Kasubag Humas

About hendry

Check Also

WORKSHOP PEMBINAAN PEGAWAI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS

uin-suska.ac.id Dalam rangka pembinaan pegawai, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau laksanakan kegiatan …