Rektor Lepas 4686 Mahasiswa KKN Reguler UIN SUSKA Riau

uin-suska.ac.id Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag melepas sebanyak 4686 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (01/07/2022) yang lalu bertempat di Islamic Center UIN Suska Riau dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Kepala Biro AAKK, Para Dekan, Kepala LPPM dan Sekretaris, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Kepala Pusat Studi Gender, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan turut hadir bapak Anwar Hidayat dari BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru. Sedangkan perwakilan mahasiswa yang terdiri dari Koordinator Kecamatan dan Koordinator Desa sebanyak 370 orang. Kegiatan KKN ini merupakan bentuk dari pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan membelajarkan mahasiswa hidup bermasyarakat.

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022

Kepala LPPM UIN Suska Riau Prof. Dr. Hj. Leny Nofianti, SE., Ak dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah peserta KKN UIN Suska Riau pada tahun 2022 berjumlah 4705 orang yang terdiri dari KKN Reguler sebanyak 4.686 orang, KKN Melayu Serumpun sebanyak 8 orang, KKN Kebangsaan sebanyak 8 orang dan KKN Moderasi beragama PTKIN sebanyak 3 orang. Untuk pelaksanaan KKN reguler, mahasiswa akan tersebar pada 70 kecamatan dan 300 desa di wilayah Provinsi Riau.

Lebih lanjut Prof. Leny mengatakan bahwa pelaksanaan KKN tahun ini kita mempunyai kegiatan program inti, program kedisiplinan keilmuan dan program tambahan dengan tema utama adalah “kearifan lokal” dengan hasil yang kita harapkan berupa artikel. Prof. Leni berharap kiranya peserta KKN tahun ini bisa menjaga nama baik UIN Suska Riau di tengah-tengah masyarakat, karena semua mahasiswa yang melaksanakan KKN ini akan menjadi cerminan mahasiswa UIN secara umum di tengah-tengah masyarakat baik tingkah laku, tutur kata maupun sopan santun.

Sambutan Kepala LPPM UIN Suska Riau Prof. Dr. Hj. Leny Nofianti, SE., Ak

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam sambutan pelepasan mahasiswa KKN tahun 2022 ini menyempaikan kemajuan-kemajuan yang telah dan akan dicapai dalam menggapai kemelingan dan keterbilangan UIN Suska Riau. Diantaranya aplikasi Early Warning System, aplikasi peta dakwah, aplikasi pendeteksi uang palsu, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sambutan Rektor UIN Suska Riau

Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN harus menyadari bahwa kita sebagai mahasiswa UIN Suska Riau harus berbangga karena kita merupakan mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Islam yang luar biasa, dimana ketika terjun ke tengah-tengah masyarakat kita mempunyai kelebihan luar biasa yakni mempunyai bekal ilmu agama dan juga ilmu umum. Jadi secara psikospiritual dan psikomental bahwa mahasiswa UIN Suska Riau jauh lebih baik berbanding dengan mahasiswa dari perguruan tinggi umum lainnya. Dengan bekal yang cukup banyak baik dari segi ilmu agama maupun ilmu umum, Rektor berpesan agar mahasiswa yang akan melaksanakan KKN bisa menjaga nama baik almamater dan perlu diingat bahwa kita adalah insan-insan akademis yang siap untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN yang diserahkan langsung oleh Anwar Hidayat dari BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru

Penulis. Huzaini
Editor. Kasubag Humas

About hendry

Check Also

PT. PERTAMINA HULU ROKAN AJAK MAHASISWA MENULIS KREATIF

uin-suska.ac.id Senin, 25/07/2022 PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) menyambangi UIN Suska Riau untuk mengajak seluruh …