Rektor UIN Suska Riau Lepas Mahasiswa KKN Bersama, Kebangsaan dan Melayu Serumpun.

uin-suska.ac.id Jum’at 17/06/2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Suska Riau menggelar acara pelepasan mahasiswa KKN Melayu Serumpun, Kebangsaan, Bersama dan Moderasi Beragama UIN Suska Riau tahun 2022. Acara digelar di ruang rapat senat lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau.

KKN Kebangsaan merupakan kegiatan akademik sesuai program yang diadakan penyelenggara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. KKN Kebangsaan dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS PTN di wilayah barat dan KPTN KTI di wilayah timur dengan melibatkan semua perguruan tinggi. Kegiatan KKN adalah integrasi dari kurikulum dan pengalaman belajar mahasiswa sesuai dengan realitas kehidupan masyarakat. Program ini dimaksudkan untuk mengembangkan softskill, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan.

Pada tahun 2022 ini, KKN Kebangsaan dilaksanakan di Bumi Tambun Bungai. Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah dan diikuti oleh 85 Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia.

UIN Suska Riau sendiri Mengirim 4 orang untuk mengikuti KKN Kebangsaan dan 4 Orang untuk KKN Bersama. KKN Melayu Serumpun merupakan KKN yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Pulau Sumatera dan utusan dari Perguruan Tinggi yang ada di Brunai Darussalam serta utusan Perguruan Tinggi dari Malaysia. Pada tahun ini UIN suska Riau mengirim sebanyak 8 orang untuk mengikuti KKN Melayu serumpun yang berpusat di UIN Ar-raniry Aceh.

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Hairunas, M.Ag melepas secara langsung perserta KKN Dari UIN Suska Riau didampingi oleh Prof. Dr. Hj. Leny Novianti, SE, M.Si, Ak, CA sebelum melepas peserta KKN Rektor memberikan arahan kepada para mahasiswa agar selalu menjaga marwah Universitas dan selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat di desa yang kita tuju. Dalam KKN Moderasi beragama yang paling penting adalah menunjukkan bahwa kita mahasiswa moderat yang ditunjukkan dengan cara menghargai pendapat orang, menghormati, toleran dan tidak menang sendiri. Selanjutnya konsep moderasi kita tunjukkan ke dalam bentuk jatidiri yang kita punya” pesan rektor UIN Suska riau dalam sambutanya pada acara pelepasan Mahasiswa KKN.

“Pada tahun 2022 UIN Suska Mengadakan 4 Gelombang KKN yang pertama ada KKN reguler yang mengikutkan seluruh mahasiswa yg telah mendaftar KKN sebanyak 4706, KKN Melayu Serumpun tanggal 21 Juni -30 Juli 2022 dan diadakan di Aceh terutama di kecamatan jayadi Banda Aceh dan Indrajaya, KKN Kebangsaasaan dan KKN Bersama tanggal 16 Juli- 20 Agustus dan yang terakhir ada KKN Nusantara yang waktunya belum ditentukan,” Ujar Ketua LP2M Prof. Leny

Acara pelepasan KKN berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan pembacaan do’a.

Penulis. : Sukmawati

Editor : Kasubag Humas

 

About hendry

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …