BPJS KETENAGAKERJAAN PEKANBARU LAKSANAKAN MONEV MoU DAN PENANDATANGAN PKS DENGAN LPPM UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id sebagai bentuk komitmen dan keseriusan bersama, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru laksanakan monev terhadap Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakti serta melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau. Kegiatan yang laksanakan pada Senin (06/06/2022) bertempat di ruang Command Center lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau, dihadiri oleh Wakil Rektor III, Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D, Kepala LPPM, Prof. Dr. Hj. Leni Nofianti, SE., M.Si, Koordinator Bagian Kerjasama dan pimpinan lainnya di lingkungan UIN Suska Riau serta Anwar Hidayat dan rombongan dari BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru.

Dalam sambutannnya, Wakil Rektor UIN Suska Riau Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D berharap PKS hari ini menjadi pintu gerbang dan percontohan bagi Fakultas dan unit-unit lain di lingkungan UIN Suska Riau dalam rangka mewujudkan MoU yang telah ditandatangani oleh Rektor. Pada kesempatan ini Wakil Rektor III juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan yang telah melakukan PKS dengan LPPM untuk memberikan program jaminan sosial bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Beliau juga berhadap program ini tidak hanya untuk mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tetapi juga untuk mahasiswa yang akan melaksanakan PPL/PKL ataupun magang.

Sementara itu, Prof. Dr. Leni Nofianti, SE., M.Si selaku Kepala LPPM UIN Suska Riau menyampaikan bahwa penandatangan PKS antara UIN Suska Riau dan BPJS Ketenagakerjaan hari ini bertujuan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi mahasiswa yang akan melaksankan KKN.

Dijelaskan Prof. Leni bahwa pada tahun ini mahasiswa UIN Suska Riau telah terdaftar sebanyak 4705 orang yang akan mengikuti kegiatan KKN, dimana mereka dibagi menjadi empat model kegiatan KKN yakni KKN Reguler, KKN Melayu Serumpun yang dipusatkan di Aceh, KKN Kebangsaan/Bersama di bawah Kemenristek Dikti yang dipusatkan di Palangkaraya dan KKN Moderasi beragama/KKN Nusantara yang diadakan pertama kali oleh PTKIN yang dipusatkan di Papua. Dan baru-baru ini kita juga diminta oleh Universitas Islam Kuantan Singingi untuk melaksanakan KKN bersama yang Insya Allah beberapa hari kedepan kita akan tandatangangi MoUnya.

Lebih lanjut Prof. Leni menjelaskan bahwa bagi mahasiswa yang melaksanakan KKN pada tahun ini harus melahirkan suatu output berupa artikel minimal satu kecamatan satu artikel. Artikel ini berisi tentang profil daerah tersebut dengan kearifan lokalnya, sehingga hasilnya nanti kita akan dapatkan tentang kondisi daerah di provinsi Riau dari mahasiswa yang melaksanakan KKN reguler. Artikel ini akan kita jadikan prosiding dan diterbitkan di jurnal pengabdian kita.

Prof. Leni juga menyampaikan bahwa bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tahun ini proses pembayaran dan pengaktifan kartu BPJSnya dilakukan pada tanggal 7 sampai 13 Juni 2022.

Anwar Hidayat dari BPJS cabang Pekanbaru menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak UIN Suska Riau yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap MoU yang telah ditandatangani serta melakukan PKS dengan LPPM. Pada kesempatan ini beliau melaporkan bahwa Dosen dan Pegawai non PNS di UIN Suska Riau telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 460 orang, security 72 orang dan Cleaning Servis 90 orang. Ditambahkannya bahwa bukti dari komitmen BPJS Ketenagakerjaan terhadap jaminan sosial bagi pesertanya, dimana beberapa waktu yang lalu kita telah memberikan santunan kepada keluarga Cleaning Servis yang mendapat musibah yakni meninggal dunia. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu kita juga telah menanggulangi biaya pengobatan terhadap salah seorang dosen kontrak UIN Suska Riau yang mengalami kecelakaan.

Saat ini juga ada beberapa Fakultas yang telah mendaftarkan mahasiswanya yang akan melakukan magang/PKL/PPL untuk ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini. Kami berharap semoga fakultas-fakultas juga bisa mengikutkan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan magang/PKL/PPL dalam program kami ini. Terkait dengan PKS kita hari ini, kami dari BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan pelayanan dan jaminan sosial terhadap mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Hingga saat ini dari 4705 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN sudah 95% terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Harapannya kami dari BPJS Ketenagakerjaan melalui UIN Suska Riau dan LPPM bisa memeberikan perlindungan kepada mahasiswa selama melaksanakan KKN.

Penulis. Huzaini
Editor. Kasubag Humas

About hendry

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …