PIMPINAN UIN SUSKA RIAU HADIRI KEGIATAN ZIARAH KUBUR

uin-suska.ac.id Rektor UIN Suska Riau didampingi oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro AUPK dan beberapa orang dosen maupun pegawai di lingkungan UIN Suska Riau menghadiri kegiatan ziarah kubur di komplek pemakaman umum persukuan Melayu Datuok Tuo Kampung Tanjung Kelurahan Pasir Sialang Bangkinang.


Kegiatan ziara kubur ini bertepatan dengan hari raya enam. Hari raya enam merupakan hari raya setelah melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal atau tepatnya pada tanggal 7 syawal. Hari raya enam ini menurut ninik mamak setempat merupakan hari raya berbagi dan bersilaturrahmi antar sesama baik itu sesama warga setempat maupun dengan warga perantau yang sudah lama meninggalkan kampung halamannya. Ziarah Kubur ini didasari tradisi dan kearifan lokal masyarakat Kampar khususnya Bangkinang Seberang. Kegiatan ziara kubur ini hanya dilakukan oleh kaum laki-laki. Ziarah kubur pada hari raya enam, diawali dengan berkumpul disuatu tempat kemudian bersama-sama melakukan ziarah, berkeliling dari satu kuburan ke kuburan lainnya. Dan ziarah kubur biasaya ditutup dengan makan bersama “Makan Bajambau” (hidangan di talam).


Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan sebaiknya masyarakat muslim sesering mungkin menziarahi kubur, karena dengan berziarah kubur kita akan lebih sering mengingat mati dengan demikian dapat meningkatkan keimanan kepada Allah. “Hari ini kita yang menziarahi orang yang telah mendahului kita, satu saat nanti kuburan kita yang diziarahi. Kegiatan ziara kubur ini adalah tradisi lama yang sudah mengakar bagi masyarakat Kampar khusunya masyarakat Bangkinang. Kegiatan ini tentu memiliki nilai-nilai positif yang dapat kita ambil. Selain untuk mengingatkan bahwa setiap kita akan mati kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi sesama”. Ujar mantan dekan psikologi tersebut.


Ziarah kubur di komplek pemakaman umum persukuan Melayu Datuok Tuo Kampung Tanjung tersebut diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Prof. Dr. H. Ilyas Husty, MA, Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau yang sekeligus adalah ketua MUI Provinsi Riau. Setelah pembacaan doa kegiatan ini dilanjutkan dengan mengunjungi rumah keluarga dari beberapa orang dosen UIN Suska Riau yang kebetulan berasal dari Bangkinang.


About hendry

Check Also

Predatech on Charity 2022: Satu Kebaikan Seribu Keberkahan Sukses Ditaja oleh Predatech Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Predatech on Charity (Preority) kembali hadir warnai ramadhan tahun 1443 H. Pelaksanaan kegiatan ini …