Predatech on Charity 2022: Satu Kebaikan Seribu Keberkahan Sukses Ditaja oleh Predatech Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Predatech on Charity (Preority) kembali hadir warnai ramadhan tahun 1443 H. Pelaksanaan kegiatan ini sempat berbeda pada tahun sebelumnya akibat tingginya kasus penularan Covid-19 di kota Pekanbaru, dan mengharuskan aktivitas organisasi dilaksanakan secara online. Tahun 2020 dan Tahun 2021 Preority dilaksanakan dengan model yang berbeda.

Pada tahun 2020, kegiatan Preority diisi dengan agenda tahsin dan progran tausiyah Mutiara Ramadhan. Keduanya dilaksanakan secara online. Berkat kegiatan ini, Predatech mendapatkan rekor baru, sebab berhasil menayangkan 100 episode tausiyah dalam satu bulan. Demikian juga dengan tahun 2021 kegitan ini juga dilaksanakan secara online.

Tahun 2022 kegiatan Preority kembali dilaksanakan di gedung Islamic Center UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Turut hadir Ketua Program Studi Teknik Informatika, Sekretaris Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro, Dosen di Lingkungan FST, Ketua Organisasi Sosial Rumah Sahabat, Perwakilan Institut Riset dan Publikasi Indonesia(IRPI), Perwakilan  dari Ikatan Keluarga Masjid Indonesia (IKMI) Kota Pekanbaru, Ketua Energi Research Center (Enreach) dan Ormawa di Lingkungan FST.

Terlaksananya Preority pada Sabtu 23 April kemarin, merupakan kabar menggembirakan. Pasalnya setelah sekian lama kegiatan ini harus dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media komunikasi digital seperti YouTube, Zoom dan Google Meet.

Pada tahun 2022 bertepatan dengan ramadhan 1443 H, kegiatan ini berhasil dilaksanakan secara langsung dengan mengusung tema “satu kebaikan seribu keberkahan”. Predatech on Charity yang kemudian dikenal dengan preority merupakan agenda tahunan Predatech setiap bulan ramadhan dalam bentuk santunan, bantuan serta saling berbagi bersama dengan orang-orang yang membutuhkan.

Hal ini merupakan dedikasi kepada masyarakat yang disalurkan dalam kegiatan amal. Preority tahun 2022, menghimpun beberapa agenda kegiatan sekaligus. Pertama, lomba cover lagu religi, short movie motivation, dan lomba tausiyah agama. Kegiatan kedua bertajuk Camprodatic atau Camp Programming dan Data Analytic Machine Learning Ramadhan. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari. Terhitung sejak tanggal 8 sampai dengan 18 April 2022.

Camprodatic merupakan kegiatan yang ditujukan kepada anggota Predatech angkatan 2019 dan 2020, dengan tujuan memberikan pemahaman dasar terkait machine learning sebagai penunjang perkuliahan.

Kegiatan selanjutnya yang juga terhimpun dalam Preority 2022 adalah donasi penyaluran 1000 al-Quran untuk ummat. Puncaknya, dilaksanakan buka bersama yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Bapak Dr. Hartono, M.Pd.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan besarnya kepada rekan-rekan mahasiswa, “Gunakan waktu sebaik mungkin. Selagi jadi mahasiswa. Dari bangun tidur sampai kembali tidur. Jadilah mahasiswa yang sukses, bekerja dengan tulus dan tanpa pamrih”, tuturnya.

Dalam kesempatan ini, turut dilaksanakan peresmian aplikasi Library Management Research System atau dikenal dengan E-MReach oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Ini merupakan aplikasi yang mampu melakukan pencarian paper yang sudah terindeks nasional maupun internasional, dan menghimpun dtabase karya ilmiah anggota Predatech. Aplikasi ini merupakan karya beberapa anggota Predatech yang membanggakan. Dekan menambahkan dalam wawancara yang dilakukan oleh tim pada saat acara menuturkan sangat senang dan bangga dengan hadirnya Predatech ini di FST yang awalnya hanya berfokus dalam kegiatan riset, namun hingga kini berkembang sampai kepada kegiatan sosial ini.

Selain peresmian aplikasi tersebut, turut dilaksanakan penyerahan piala penghargaan kepada pemenang lomba cover lagu religi, short movie, dan tausiyah agama. Selain itu, ada tiga nominasi khusus yang diberikan kepada tutor, peserta dan panitia terbaik dalam agenda Preority 2022.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian tausiyah agama oleh Bagas Susilo, selaku penyandang ceramah terbaik Preority 2022, dan foto bersama Dekan Fakultas Sains dan Teknologi.

Dalam sambutannya, ketua Predatech Mustakim, S.T., M.Kom menyampaikan harapannya serta ucapan syukur atas terlaksananya kegiatan Preority 2022 dengan baik. “Tema kita selalu berbeda setiap tahun. Kali ini temanya satu kebaikan seribu keberkahan. Semoga dengan ini kita menjadi termotivasi untuk berbuat kebaikan dan jadi lebih baik kedepannya” tuturnya. Mustakim juga menambahkan Mahasiswa harus menjadi agent of change disegala lini, Tri Dharma Perguruan Tinggi harus ditegakkan, kampus menjadi tempat terbaik dalam pengembangan untuk menuju perubahan tersebut.

Penulis : Dwi Sri Rahayu dan Suryani

About hendry

Check Also

UIN Suska Riau Gesa Akselerasi Kolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggesa akselerasi kolaborasi dengan dinas-dinas yang ada …