HADIRKAN NARASUMBER DARI KALANGAN PRAKTISI DAN AKADEMISI PADA KULIAH UMUM FST UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Mengawali perkuliahan awal semester genap tahun akademik 2021/2022 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau laksanakan kuliah umum. Kuliah umum kali ini mengangkat tema “Supply Chain Sustainability Using Data Science Learning” dengan narasumber dari akademisi dan praktisi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (15/03/2022) bertempat di lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau, dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau dan civitas akademika FTS serta perwakilan dari mahasiswa semester 2. Sedangkan secara online kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa yang dipusatkan di gedung teater FST.

Ketua panitia pelaksana kuliah umum Misra Hartati, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum ini dilaksanakan sebagai petanda dimulainya perkulihan semeseter genap tahun akademik 2021/2022. Tujuan yang hendak dicapai adalah memperluas wawasan mahasiswa tentang aplikasi ilmu dan teknologi di dunia industri serta membangun komunikasi efektif antar perguruan tinggi dan dunia industri dalam hal pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk menjawab tantang ini semua sengaja kita undang narasumber yang sudah pakar dibidangnya yakni Ade Buandra, ST., M.Si. (Senior Vice President Logistic PT. Inalum Persero, Sumatera Utara) dan Dr. Muhammad Asrol, STP., M.Si. (Dosen TI Bina Nusantara) ahli dibidang IT.

Sementara itu Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd dalam arahannya mengatakan bahwa dalam setiap kuliah umum kita selalu mempertemukan antara dunia praktisi dan dunia akademik. Semua ini kita lakukan agar bisa matching sehingga para mahasiswa bisa melihat bagaimana dalam dunia sains dan teknologi ada teori da ada praktek. Makanya Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) spirit yang sesunggunghnya adalah bagaimana mempertemukan antara dunia akademik dan dunia praktisi. Untuk saat ini FST sedang melakukan MBKM dan mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti kuliah yang telah bekerjasama dengan PT. Samator Indonesia.

Dengan dua narasumber yang akan memberikan materi kuliah umum yakni Dr. Muhammad Asrol, STP., M.Si. dengan materi Sustainable Supply Chain Modeling using Data Science dan Ade Buandra, ST., M.Si. dengan materi Managing Supply Chain and Production Process in Recent Macro Situation at Aluminium Smelter akan menambah semangat mahasiswa untuk melaksanakan perkulihan lebih baik. Kedepan kita berharap kiranya PT, Inalum juga bisa bekerjasama dengan FST untuk melaksanakan perkulihan secara MBKM dan dengan cara ini mahasiswa punya pengetahuan tentang dunia industri, harapan Hartono.

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag dalam arahannya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah hadir baik secara online maupun offline. Hingga saat ini dari laporan yang disampaikan oleh pimpinan FST bahwa alumni kita telah tersebar kemana-mana, bahkan kita memiliki aplikasi luar biasa yang dimanfaatkan oleh orang Indonesia hingga dunia diantaranya Early Warning System dan Discovering Right Congregation. Bahkan kita telah meresmikan labor Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang merupakan satu-satunya lebor yang ada di PTKIN.

Rektor berharap agar mahasiswa FST dan UIN Suska Riau secara umum harus bisa menguasai materi-materi keislaman dan hafal juz amah sebagai bekal terjun ketengah-tengah masyarakat. Sementara itu dari kuliah umum yang lakukan hari ini akan muncul berbagai inspirasi dan memperkenalkan perkembangan pemanfatan data science kepada civitas akademika UIN Suska Riau.

Dr. Muhammad Asrol, STP., M.Si. dalam pemaparannya, membahas tentang perkembangan data science, artificial intelligence dan big data dalam aplikasinya di industri, terutama manufaktur, jasa, dan pertanian. Lebih lanjut, beliau menjelaskan pemanfaatan teknologi terkait sustainable supply chain modeling menggunakan data science. Perkembangan riset dalam bidang sustainable supply chain dari tahun ke tahun meningkat siginifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa bidang supply chain berkembang pesat pada era revolusi industri 4.0.

Sementara, Ade Buandra, ST., M.Si. dari PT. INALUM narasumber dari parktisi memaparkan proses mengolah aluminium menjadi produk di PT. Inalum Persero. Produk akhir dari PT. Inalum terdiri dari tiga kategori yaitu aluminum ingot, aluminium alloy, dan aluminium billet. Ade Buandra juga mengutarakan dampak Covid-19 dan invasi Rusia ke Ukraina terhadap produksi PT. Inalum terkait global shipping and logistic. “Kondisi tersebut membuat PT. Inalum harus mencari strategi dalam mempertahankan keberlangsungan produksinya,” ujar Buandra.

Disela-sela antusias diskusi antara peserta kuliah umum, juga dibahas kegiatan MBKM yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun sampai saat ini, kebijakan PT. Inalum belum melaksanakan program MBKM hingga tercapai kesepakatan antara Menteri BUMN dan Mendikbud Ristek.

Penulis : Huzaini & Kunaifi
Editor : Kasubag Humas

About hendry

Check Also

UIN Suska Riau Gesa Akselerasi Kolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggesa akselerasi kolaborasi dengan dinas-dinas yang ada …