Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau adakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahap I tahun 2022 yang dipusatkan di Ruang Rapat Pimpinan Lantai IV Rektorat UIN Suska Riau, Rabu (2/3/2022). Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I, Dr. Helmiati,M.Ag., Kabag Akademik, Rina Yeni, S.Sos., dan Dr. Amirah Diniaty selaku narasumber, sedangkan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live di youtube official.uinsuskariau diikuti oleh Kepala Sekolah dan siswa SMA sederajat.

Dalam pemaparannya, Dr. Amirah Diniaty menjelaskan bahwa ada tujuh jalur masuk penerimaan mahasiswa baru di UIN Suska Riau, baik itu jalur penerimaan nasional maupun mandiri.


Jalur penerimaan nasional meliputi SBMPTN, SNMPTN, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN sedangkan jalur mandiri meliputi Undangan Mandiri, Mandiri Tulis CAT dan Seleksi Mandiri PTN- Barat.
“Seleksi Mandiri PTN- Barat merupakan jalur seleksi baru kumpulan perguruan tinggi di wilayah Sumatera yang baru ada di tahun 2022 ini, Pada jalur ini calon mahasiswa hanya bisa memilih jurusan umum. Ini merupakan peralihan dari jalur undangan mandiri dimana pada tahun ini jalur undangan mandiri hanya untuk jurusan agama saja”, terang Amira.

Lebih lanjut Dr. Amira menyarankan agar calon mahasiswa baru berlomba-lomba mengikuti jalur seleksi nasional karena selain kuotanya besar, lulusan jalur seleksi nasional juga bisa mendapatkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mulai dari UKT 1 sampai UKT 7. “Untuk jalur seleksi mandiri kuota yang disediakan sangat terbatas dengan UKT minimal UKT 4”, pungkas Amira.


Para peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak peserta yang bertanya kepada narasumber pada sesi tanya jawab. Guru SMA Plus Al-Bayan menanyakan apakah jurusan ilmu gizi termasuk jurusan umum dan jalur apa yang bisa diikuti?” Prodi Ilmu Gizi merupakan prodi umum yang bisa dipilih melalui empat jalur seleksi yaitu SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN- Barat dan Mandiri Tulis CAT”, tegas Amirah.

Bapak Firdaus dari IBS Riau menanyakan tentang apakah ada jalur beasiswa tahfidz di UIN Suska Riau. Menanggapi pertanyaan ini, Dr. Amirah menyarankan untuk mengikuti jalur prestasi dan meng-upload sertifikatnya sebagai bahan pertimbangan.

Untuk informasi lebih detail tentang penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 bisa di akses di www.uin-suska.ac.id , http://akademik.uin-suska.ac.id , http://pdss.uin-suska.ac.id , http://pmb.uin-suska.ac.id dan WA di 082117931725


Penulis : Nurazmi

Editor : Kasubbag Humas

About hendry

Check Also

UIN Suska Riau Gesa Akselerasi Kolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggesa akselerasi kolaborasi dengan dinas-dinas yang ada …