Kehadiran Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy asal Universitas al-Azhar Memperkuat Daya Saing UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Kemajuan perguruan tinggi Islam di Indonesia terutama lingkungan PTKIN ditandai dengan semakin berkualitasnya pencapaian akademik, membaiknya layanan pendidikan dan dukungan fasilitas penunjang lainnya. Prestasi ini juga telah menjadi pemacu terus meningkatnya animo masyarakat untuk melanjutkan studi di berbagai program studi yang ditawarkan bahkan menjadi program unggulan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau). Untuk lebih mempercepat pencapaian visi, misi dan program strategis terutama peningkatan kualitas SDM dosen dan mahasiswa, UIN Suska Riau kembali mendatangkan tenaga pengajar (Mab’uts) dari Universitas al-Azhar Kairo, Mesir Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy melalui kerjasama dengan Kementerian Agama RI. Penempatan Mab’uts al Azhar ini berdasarkan surat penugasan Dirjen Pendis, Kementerian Agama RI No.: B-87/DJ.I/Set.I/KP.01/01/2022.


“Rektor bersama seluruh jajaran menyambut baik kedatangan Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy yang akan bertugas di UIN Suska Riau untuk mengajar Bahasa Arab, memberikan kajian ke-Islaman bahkan melakukan pengabdian masyarakat” tegas Rektor Prof. Dr. Khairunas Rajab Lebih lanjut, Rektor juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementerian Agama terkait penempatan Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy sekaligus mendukung program kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan Universitas al-Azhar Kairo, Mesir. “Hadirnya 36 dosen tamu yang ditugaskan di 14 pesantren, 8 madrasah, dan 14 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tentu akan terus memperkokoh jalinan kerja sama dan hubungan bilateral Indonesia-Mesir yang telah terbangun sejak awal Kemerdekaan RI” imbuh Khairunas.


Penyambutan dan ramah tamah dengan Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy bersama jajaran pimpinan UIN Suska Riau (Senin, 14/2) juga menjadi peluang kerja sama terutama bagi para dosen untuk melanjutkan studi Universitas Al Azhar, Mesir. “Mab’uts al-Azhar yang ditempatkan di UIN Suska Riau ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengusaan Bahasa Arab sebagai syarat utama belajar di berbagai universitas di Timur Tengah khususnya Universitas al-Azhar yang menjadi universitas Islam tertua di dunia”, tutur mantan dekan Psikologi tersebut. Untuk mengomptimalkan pemanfaatan kehadiran Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy, Rektor bersama jajaran fakultas dan ketua program studi Bahasa Arab S1 dan S2, kepala Pusat Pengembangan Bahasa serta Ma’had al-Jamiah telah menyusun program-kegiatan sehingga akan meningkatkan kompetensi dan penguasaan Bahasa Arab termasuk bagi dosen yang mengajar di program studi umum (non-Islamic Studies).

Hal serupa juga diungkapkan Wakil Rektor I, Dr. Hj. Helmiati, M.A yang pernah menjabat sebagai Ketua Prodi Bahasa Arab bahwa peningkatan kompetensi diri terutama bagi dosen bahkan pegawai mesti diwujudkan lewat program-program berkualitas dan berkelanjutan terkhusus untuk Bahasa Arab. “dengan hadirnya Syeikh Eid Aly an-Nadi Badwy di UIN Suska Riau ini diharapkan akan mempercepat proses penguasaan Bahasa Arab sehingga dapat menunjang pengembangan berbagai kajian, literatur dan pengetahuan ilmu-ilmu keagamaan yang ditulis dalam Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa internasional”, imbuh Helmiati.
Penulis. Absor, Huzaini
Editor. Kasubag Humas

About hendry

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …