web analytics

UIN Suska Riau Resmikan Labor PLTS Pertama di Sumatera

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau meresmikan laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik dengan energi surya dapat dilakukan secara langsung menggunakan fotovoltaik, atau secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi surya menjadi energi listrik menggunakan efek fotolistrik.

Labor ini diresmikan langsung Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag pada Rabu (9/2/2022). Peresmian laboratorium yang berlokasi di Gedung Laboratorium Terpadu ini ditandai dengan penandatanganan papan nama oleh Rektor. Turut hadir dalam peresmian ini Wakil Rektor I dan II, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Dekan FST, Perwakilan Dinas ESDM Provinsi Riau, Perwakilan PT. Pertamina Hulu Rokan, Perwakilan PLN, Presiden Direktur PT. Prima Khatulistiwa Energi
serta Kajur, Sekjur dan kepala labor FST.

Rektor UIN Suska Riau dalam sambutannya menyampaikan ucapan sukacita terhadap mahasiswa dan alumni Teknik Elektro UIN Suska Riau yang telah banyak terlibat dalam pembangunan energi terbarukan. Beliau menyampaikan 52% PLTS yang tersebar dari sabang sampai merauke dikerjakan oleh alumni UIN Suska Riau, ini menandakan bahwa kita sudah terbilang lama tapi belum terkemuka, semoga dengan peresmian laboratorium ini, apa yang menjadi azam kita, universitas yang gemilang dan terbilang akan segera terwujud”, ujar Rektor.

“Ini merupakan Labor PLTS pertama di Sumatera, sebuah langkah maju yang sudah kami capai. Dengan tempat pengembangan sekaligus tempat pelatihan mahasiswa, ini akan menjadi cikal-bakal bahwa PLTS dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Riau ke depannya, ke depannya UIN Suska Riau akan terus mengambil kebijakan untuk pengembangan menuju energi terbarukan. Dengan sumber daya yang sudah mendukung, tentu potensinya makin terlihat jelas di masa yang akan dating”. Ujar Khairunnas.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dalam sambutannya menginginkan UIN Suska Riau selalu terdepan dalam bidang Sains dan Teknologi dan mengharapkan PLTS ini sebagai icon UIN Suska Riau.

Kunaifi, ST., PgDipEnST., M.Sc selaku ketua panitia pelaksana peresmian labor FST menjelaskan bahwa laboratorium ini memang bukan dimaksudkan untuk pembangkit listrik, tetapi digunakan untuk pelatihan dan pembelajaran mahasiswa khususnya Prodi Teknik Elektro. “Pada hari ini kita sangat senang karena telah memiliki peralatan untuk menunjang pembelajaran di Prodi Teknik Elektro dan Sistem Informasi”. Ujar Kunaifi. Ia menjelaskan bahwa secara keseluruhan fasilitas PLTS ini telah terpasang dan siap 90 persen dengan kapasitas 3,6 kWp.

Penulis : Azmi
Editor : Kasubag Humas