MENAG RI RESMI BUKA SPAN-UM PTKIN TAHUN 2022

uin-suska.ac.id Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmimembuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SeleksiPrestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) tahun 2022 dengan tagline: Kuliah di PTKIN; It’s My Dream. Acara peluncuran SPAN-UM PTKIN dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta pada Selasa (18/01/2022).

Dalam sambutannya, Yaqut menyampaikan bahwa SPAN-UM PTKIN sangat strategis sebagai tahap awal mendapatkan calon-calon mahasiswa yang unggul dan terbaik dan dapat menjadisarana meningkatkan mutu PTKIN. “Indikator keberhasilanSPAN-UM PTKIN dapat dilihat dari output atau lulusan yang mampu memberi warna bagi kehidupan bangsa dan negara sertaperadaban dunia. Sehingga masyarakat umum atau publik dapatmenilai seberapa besar dampak dari lulusan mahasiswa PTKIN,” Ujar Yaqut.

Sementara itu, Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. Imam Taufiq M.Ag., menjelaskan bahwa pola seleksi SPAN UM-PTKIN dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruhIndonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. “SPAN UM PTKIN terbuka untuk seluruh calon mahasiswa se-Indonesia dan akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebardi seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN yaituUniversitas Singaperbangsa Karawang,” jelas Imam.

Untuk jadwal pelaksanaan SPAN PTKIN dimulai dari saatpengisian dan verifikasi akan dilakukan pada 7 sampai 28 Februari 2022. Kemudian pendaftaran dilakukan pada 4-31 Maret 2022. Lalu seleksi tahap pertama pada 4-7 April 2022 dan seleksi tahap kedua pada 9-11 April 2022.

UIN Suska Riau sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menerima mahasiswa baru melalui Jalur SPAN–UM PTKIN menawarkan 21 jurusan yang bisa dipilih yaituPendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru RaudhatulAthfal, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Tadris Ilmu PengetahuanSosial, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Syari’ah(Muamalah), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara (Siyasah), Ekonomi Syariah, Ilmu Aqidah, Ilmu Al-qur’an dan Tafsir, Studi Agama-agama, Ilmu Hadis, PengembanganMasyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam dan ManjemenDakwah.

Untuk informasi lebih lengkap tentang SPAN PTKIN bisadilihat di https://span-ptkin.ac.id/page dan https://pmb.uin-suska.ac.id/index.php

Sumber : Humas UIN Suska Riau

About Jasnida Jasnida

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …