PERTAMINA HULU ROKAN BANGUN KEMITRAAN DAN MoU DENGAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Sebagai bentuk perhatian dunia industri terhadap dunia pendidikan terutama bagi Perguruan Tinggi, PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) tekan Memorandum of  Understanding (MoU) dengan lima Universitas di Provinsi Riau. pengembangan institusi. Kegitan yang dilaksanakan pada Rabu (22/12/2021) bertempat di Ballroom Hotel Novotel Pekanbaru yang dihadiri langsung Oleh Gubernur Riau dan Direktur Utama  PT. Pertamina Hulu Rokan Jaffe A. Suardin dan jajaran. Sementara itu lima Perguruan Tinggi yang MoU dengan PT. PHR diantaranya Universitas Riau, UIR, UNILAK, UMRI dan UIN Suska Riau yang dihadiri langsung oleh Rektor Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag

Perwakilan Rektor dari Perguruan Tinggi yeng melakukan MoU Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc Rektor Universitas Riau mengucapkan terima kasih kepada PT. PHR yang telah memberikan peluang kerjasama antara beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Provinsni Riau. Kami yakin dengan sumber daya manusia yang kami miliki pada masing-masing Perguruan Tinggi akan dapat bersinergi dan berkolaborasi serta bisa mengisi kerjasama ini dengan baik terutama terkait dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Setidaknya MoU ini merupakan salah satu peluang yang dapat kami manfaatkan dalam rangka mengimplementasikan program Kemenristek Dikti yakni Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM).

Direktur Utama  PT. Pertamina Hulu Rokan Jaffe A. Suardin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggungjawab PT. PHR dibidang pendidikan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia agar bisa unggul di era revolusi industry 5.0. Dengan demikian PT. PHR membangun kemitraan dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang akan tuangkan dalam bentuk MoU terutama dengan lima Perguruan Tinggi di Riau yakni UNRI, UIR, UIN, UNILAK dan UMRI. Namun sebelumnya kami juga telah melakukan MoU dengan tiga Perguran Tinggi yakni Politeknik Bengkalis, Sekolah Tinggi Pariwisata Riau dan Politeknik Caltex Riau, terang Jaffe.

Ruang lingkup kemitraan dan kerjasama ini meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memajukan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dan persiapan dan penyusunan perbaikan akreditasi prodi dan membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam kegiatan TJSL Tanggung Jawab Sosian dan Lingkungan PHR.

Sementara itu Gubernur Riau Drs. Syamsmuar, M.Si dalam arahannya menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami menyambut baik MoU program kemitraan antara PT. PHR dengan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Riau. Tentunya hal ini merupakan komitmen PT. PHR untuk berkontribusi dalam pembangunan dan memajukan dunia pendidikan tinggi di Provinsi Riau anrata lain pendidikan, teknologi dan informasi di era digitalisasi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Semoga kerjasama ini memberi dampak positif bagi kedua belah pihak dan bagi Perguruan Tinggi dapat memberikan berbagai dukungan untuk operasional PT. PHR secara teknis maupun non teknis melalui berbagai kegiatan dengan kapasitas keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kolaborasi antara dunia industri dan Perguruan Tinggi sesuai dengan arah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah diantaranya kekurangan enegri secara berangsur-angsur dapat teratasi dimasa kepemimpinan yang ada saat ini.  Jelas Gubri.

Penulis : M. Huzaini

Editor : Kasubag Humas

About Jasnida Jasnida

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …