web analytics

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI BINA TIM ROBOT MAN 2 KUANTAN SINGINGI

Uin-suska.ac.id Senin (11/10) tim robot dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kuantan Singingi (Kuansing) berkunjung ke Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Delegasi MAN 2 Kuansing dipimpin oleh Kepala Sekolah Drs. Zulkifli, M.Pd. Kedatangan delegasi MAN 2 Kuansing adalah untuk membicarakan kerjasama dua lembaga. Program prioritas jangka pendek adalah pembinaan Tim Robot MAN 2 Kuansing oleh FST UIN Suska Riau. Kepala Sekolah MAN 2 Kuansing berharap bantuan FST untuk meningkatkan keterampilan dan prestasi siswa MAN 2 dalam ekstrakurikuler robotik.

Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd. menyambut positif rencana kerjasama tersebut dalam kerangka saling memperkuat dan menguntungkan kedua pihak. Selanjutnya, Dekan berharap kerjasama dapat ditingkatkan ke tahap MOU antara pimpinan lembaga pendidikan dan MOA dengan pimpinan unit di setiap institusi.

Setelah pertemuan dengan Dekan dan pimpinan Prodi TE, delegasi MAN 2 Kuansing mengunjungi beberapa laboratorium di Prodi TE dan Teknik Industri (TI). Dalam kunjungan ke Lab. Elektronika di Prodi TE, teknisi laboratorium Muhammad Helmi, A.Md. menunjukkan modul-modul praktek yang digunakan untuk mempelajari komponen dan rangkaian elektronika dasar dalam membangun sebuah robot. Selanjutnya, berbagai rangkaian elektronika yang dipakai menggerakkan sistem mekanis, misalnya motor untuk menggerakkan lengan robot, ditunjukkan saat kunjungan ke Lab. Kontrol dan Instrumentasi di Prodi TE. Di Lab. Telekomunikasi, kepada delegasi MAN 2 Kuansing diperlihatkan berbagai sistem telekomunikasi yang digunakan di Prodi TE. Sistem telekomunikasi adalah unsur penting untuk menggerakkan robot dari jarak jauh.

Delegasi MAN 2 Kuansing juga berkunjung ke Lab. CIM di Prodi TI. Lab. CIM adalah satu laboratorium unggulan di FST UIN Suska Riau. Jika di laboratorium-laboratorium Teknik Elektro mahasiswa belajar membuat robot, maka di Lab CIM terdapat robot asli yang mampu membuat produk. Robot-robot tersebut dilengkapi teknologi CNC sehingga dapat membuat berbagai produk jadi dalam bentuk logam dan plastik sesuai desain.

Kunjungan delegasi MAN 2 Kuansing berlanjut ke Lab. Desain di Prodi TI. Di Lab. Desain, mahasiswa TI belajar merancang produk yang dimulai dengan menggambar baik secara manual maupun menggunakan berbagai software. Di Lab. TI juga terdapat peralatan untuk belajar ergonomis untuk meyakinkan produk yang dirancang sesuai dengan kondisi fisik dan non fisik manusia sebagai mengguna produk tersebut.

Kunjungan laboratorium berakhir di kantor dan fasilitas riset Energy Research Centre (EnReach). EnReach adalah salah satu pusat penelitian di FST dalam bidang energi dan sustainability (keberlanjutan). EnReach fokus mengerjakan proyek-proyek penelitian dan konsultasi bersama pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan BUMN. Namun demikian, sebagain besar proyek EnReach didanai oleh lembaga-lembaga internasional.  Dalam upaya menjadi sekolah Adiwiyata, MAN 2 juga meminta bantuan FST untuk mengembangkan PLTS yang ramah lingkungan. Sebagaimana diketahui, lebih 52% PLTS atap di Indonesia dibangun dengan keterlibatan alumni UIN Suska Riau.

Kegiatan pembinaan Tim Robot MAN 2 Kuansing dikoordinir oleh Putut Son Maria, SST., MT., salah satu dosen di Prodi Teknik Elektro. Untuk jangka pendek, Putut membantu MAN 2 Kuansing merealisasikan Mobile Robot IoT yang pembuatannya telah dimulai di MAN 2 Kuansing, namun belum beroperasi sesuai harapan. Robot tersebut akan diikutkan dalam Madrasah Robotics Competition (MRC) di Serpong, Oktober 2021. Tim Robot MAN 2 Kuansing dan TE UIN bekerja selama dua hari penuh, bahkan sampai malam dibawah bimbingan mahasiswa TE UIN Suska Riau.

Setelah dua hari penuh membenahi Mobile Robot IoT buatan MAN 2 Kuansing, pada akhirnya tim berhasil mendapatkan solusi dari permasahan inti dan menjalankan robot. Selanjutnya tim MAN 2 Kuansing bersiap untuk berangkat membawa robotnya mengikuti perlombaan MRC di Serpong.

Wakil Dekan III FST Dr. Kunaifi, ST., PgDipEnSt., M.Sc., yang menginisasi kerjasama kedua lembaga berharap Tim Robot MAN 2 Kuansing mendapat prestasi di ajang MRC Serpong dan kolaborasi kedua lembaga berlanjut dalam bentuk kegiatan-kegiatan produktif. Dia menambahkan bahwa selain Prodi TE dan TI, di FST UIN Suska Riau juga terdapat ahli-ahli di bidang teknologi informasi, komputer, dan matematika.

Penulis              : Kunaifi

Editor               : Kasubag Humas