web analytics

TINGKATKAN KAPASITAS DIRI DAN RISET DOSEN FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI ADAKAN WORKSHOP

uin-suska.ac.id Dalam rangka mendukung upaya peningkatan kapasitas diri dan riset dosen dalam bentuk fellowship, proyek riset,postdoctoral, atau sabbatical leave yang didapatkan secara kompetitif maka Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan workshop dengan tema “Peningkatan Kapasitas dan Riset di luar negeri. Kegiatan workshop ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dan dapat juga dilihat siaran ulang nya di aplikasi youtube. Workshop ini di selenggarakan pada hari Jum’at 13/08/2021 pada pukul 20.00-22.00.

Peserta workshop diarahkan untuk mendaftar  melalui link https://forms.gle/mJEYjLsSYUcU4hbN7 setelah itu bisa mengikuti workshop secara virtual melalui zoom dengan Meeting ID: 992 5660 1242 Passcode: 130821. Panitia Workshop juga menyediakan e-sertifikat bagi peserta.

Untuk mengatur workshop berjalan dengan baik dan teratur acara di pandu oleh MC (master ceremony) Wirdah Anugrah. Workshop kali menghadirkan dua orang narasumber yang sudah sangat berpengalaman dan ahli dibidangnya baik didalam maupun  di luar negeri dan merupakan orang yang sangat berkompeten. Narasumber yang pertama adalah Prof. Dr. Raihani, M. Ed, Ph.d dengan tema Post-Doctoral dan sabbatical leave di luar Negeri.Narasumber yang kedua adalah Abdul Hadi, MA, Ph.D dengan tema”Fellowship di luar negeri mencari, mendaftar, seleksi dan menjalani. Kedua narasumber ini adalah dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Sebelum workshop di mulai Ketua panitia pelaksana Siti Ramadhani, S.Pd, M.Kom memberikan sambutanya.

Selanjutnya acara workshop di mulai dengan di pandu oleh Moderator Kunaifi, ST. PgDipenSt, M.Sc wakil dekan III fakultas Sains dan Teknologi.

Salah satu kemudahan melakukan workshop secarara online adalah dimanapun kita berada kita masih bisa memberikan matreri , seperti yang di lakukan Prof. Raihani yang memberikan materi workshop dari Boston, Boston adalah ibu kota dan kota terbesar di Massachusetts di Amerika Serikat. Materi yang di sampaikan Prof. Raihani salah satunya mengenai pengertian Post doctoral, fellowship & sabbatical karena beliau mengatakan banyak yg sering keliru dalam istilah ini.”yang pertama adalah postdoctoral adalah kegiatan research atau akademik yang dilakukan setelah mendapatkan S3 dalam jangka waktu lima tahun. Fellowship adalah pertemanan dalam bidang yang sama atau beasiswa. Sabbatical adalah cuti berbayar ( paid leave) untuk riset setelah beberapa tahun kerja (biasanya 7 tahun tergantung kebijakan) misalnya seperti seseorang yang sudah 7 tahun kerja mendapatkan cuti tapi di bayar dia mencari sendiri universitas dimana dia akan melakukan kegiatan akademiknnya selama setahun tetapi selama itu dia tetap di bayar di tempat dia bekerja. Jadi dia mendapatkan ruang, akses ke library di tempat dia sabbatical leave tetapi gajinya di bayar oleh universitas asal, tetapi di Indonesia masih agak rancu pengertian sabbatical leave ini’ jelas Raihani.

Sedangkan narasumber yang ke dua Abdul Hadi, MA, Ph.D menyampikan hal yang lebih teknis seperti langkah –langka yang harus kita perhatikan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi fellowship di luar negeri. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan seperti sebelum investasi waktu, tenaga dan fikiran pastikan anda memiliki kriteria sebagai pelamar jangan saking bersemangatnya kita tidak memperhatikan kriteria nya, karena untuk mempersiapkan aplikasi beserta dokumen pelengkapnya perlu waktu dan perlu fokus jangan sampai waktu kita sudah habis untuk mempersiapkan administrasi tetapi ada salah satu kriteria yg tidak memungkinka kita untuk mendapatkan beasiswa itu. Selanjutnya pelajari sejarah program fellowship benefit yang akan di peroleh ( material dan non material) dan visi, misi, serta program lembaga yang menawarkan fellowship. Baca dengan teliti dan pahami panduan pengisian formulir pendaftaran dari awal sampai akhir sebelum mengisi formulir pendaftaran tersebut. Ketika mengisi formulir pendaftaran, pastikan bahwa isian yang di tulis benar-benar sesuai dengan pertanyaan atau instruksi’ jelas Adul Hadi.

Acara workshop berjalan dengan lancar semoga dengan pemaparan narasumber bisa memberikan kemudahan bagi para dosen yang ingin melakukan research di luar negeri.

Penulis             : Sukmawati

Photografer     : Muzaiyanah

Editor              : Kasubag Humas