web analytics

REKTOR ADAKAN RAPIM BAHAS ISU-ISU RENCANA PERKEMBANGAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id  Perkembangan dan kemajuan suatu institusi akan menentukan keberhasilan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas selama memangku jabatan. Semenjak dilantik menjadi Rektor UIN Suska Riau pada 19 Mei 2021 yang lalu dengan mengusung visi menjadikan UIN Suska Riau Cemerlang dan Terbilang. Dalam pencapaian visi dan misinya Rektor tidak mungkin akan bekerja dan bergerak dengan sendirinya. Melalui rapat terbatas tingkat Pimpinan UIN Suska Riau menjabarkan dan menjelaskan rencana-rencana strategis yang akan dikembangkan UIN kedepan. Rapat yang laksanakan di rumas Dinas Rektor jalan K.H. Ahmad Dahlan Sukajadi Pekanbaru pada Sabtu, 07/08/2021 yang lalu dihadiri oleh Wakil Rektor I, II dan III, Direktur Pascasarjana, Para Dekan, Ketua LPPM , Katua LPM, Kabag perencanaan dan Kabag Kepegawaian UIN Suska Riau.

Menurut Rektor bahwa untuk menjadikan UIN Suska Riau harus gemilang dan terbilang kita harus berjibaku dalam bekerja dan mensukseskan apa yang sudah kita rencanakan. Oleh sebab itu kedepan bagaimana kita bekerja mencapai kemajuan melalui inovasi-inovasi dan gerakan-gerakan yang terurai secara massif, sitematis dan terukur dan teruji. Saat ini para tim sudah mulai bekerja untuk mempersiapakan beberapa hal terkait dengan Pertama penyusunan Renstra, Kedua penyusunan revisi Statuta, Ketiga revisi aturan Remunirasi dan Keempat pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan dalam pelaksanaan pekerjaan, jelas Rektor

Saat ini kita akui bahwa UIN Suska Riau mempunyai potensi  yang luar biasa yang mana kita dan orang lain pun bisa hidup di UIN Suska. Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), peminat dan fasilitas yang kita miliki sudah cukup memadai untuk menjadi pondasi dasar. Namun yang perlu jadi perhatian kita adalah mensinnergikan antara SDM yang ada dengan peluang yang harus kita capai, dan ini adalah menjadi tanggung jawab kita bersama apalagi demi untuk menjaga reputasi UIN di mata public, tegas Rektor.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan bahwa kedepan isu-isu startegis yang perlu kita kembangkan demi kemajuan UIN Suska Riau ini antara lain Pertama Terkaid dengan penguatan kerjasama yang mana kita dalam pengembangan ini butuh kerjasama semua sektor agar saling mendapat keuntungan. Kedepana Rektor ingin membuat kerjasama dengan 12 Kabupaten/Kota yang ada di Riau agar bisa membangun ma’ahad atau semacam rusunawa dan UIN Suska akan mempersiapkan lahan yang diperlukan. Demikian juga kita berharap akan dilakukan peninjauan kembali MoU dengan Bank kerna ada diantara BRIS dan BNI Syariah mereka sudah marger ke BSI .Keduabagaimana percepatan bagi dosen untuk mencapai guru Besar (professor). Rektor berharap dan berusaha dalam kurun waktu 2 tahun kedepan wakil Rektor, Dekan dan Ketua Lembaga sudah bergelar Profesor dan berikutnya akan disusul oleh Wakil Dekan. Hal ini akan kita dukung dengan menghilangkan ketakutan akan jurnal scopus dan memberikan solusi agar banyak menjalin komunikasi dan membuat Focus Group Discussion (FGD), sedangkan untuk anggaran kita akan flotting lebih banyak untuk arah kesana.

Ketiga perencanaan dalam hal pengembangan akademik yakni pengembangan pembelajaran dengan membuat aplikasi pembelajaran sendiri. Menurut bagian Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) bahwasanya aplikasi presensia bisa dikembangkan untuk aplikasi pembelajaran dimana dari aplikasi tersebut akan bisa dijadikan cara mengawasi dosen mengajar, masuk atau tidaknya dosen, berapa lama mereka melaksanakan proses pembelajaran dan sebagainya, terang Rektor.

Penulis : M. Huzaini

Foto : M. Huzaini

Editor : Kasubag Humas