Orasi Ilmiah Presdir Foundition : Menciptakan Kader Pemimpin Masa Depan yang Unggul dalam Persaingan Global Melalui Beasiswa Pertamina

uin-suska.ac.id  Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim  Riau kembali menggelar wisuda online dan offline periode II dengan mewisudai 800 wisuadawan/ti pada hari ke 5 tahun akademik 2021/2022 yang berlangsung di Auditorium Rektorat lantai 5 pada hari Jumat 25 Juni 2021. Wisuda kali ini menghadirkan Presiden Director Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari, untuk memberikan orasi ilmiahnya dihadapan para wisudawan dan wisudawati baik secara online maupun offline dengan tema : Menciptakan Kader Pemimpin Masa Depan yang Unggul dalam Persaingan Global Melalui Beasiswa Pertamina. Beliau menyampaikan orasi secara zoom dan mengingatkan tentang 2 hal yang mendasar yaitu: Ketimpangan Pendidikan di Indonesia yang membutuhkan akses bantuan pendanaan dan Percepatan penciptaan SDM kemenangan Indonesia dalam persaingan Global.

Dalam kontek inilah komitmen pertamina melalui Pertamina Foundation dalam mendukung pembangunan pendidikan terus di kembangkan salah satunya melalui program beasiswa. Penciptaan SDM unggul jadi konsep Pertamina Foundation sebagai basis penciptaan kader pemilih tangguh memasuki era revolusi industri four poin zero melalui program icon mahasiswa yang berprestasi yaitu beasiswa pertarna sumber bumi, Pertamina Foudation telah membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiawa yang cerdas, kreatif, peduli lingkungan. Yang sedang menempuh studi S1 ataupun Diploma dikampus yang menjadi mitra Pertamina Foudation. Beasiawa inilah yang menjaring generasi muda yang cerdas konsioner untuk menjawab krisis kader pemimpin masa depan yang akan membawa kemenangan Indonesia dalam era persaingan global.

Tahun ini diberikan beasiswa kepada 665 mahasiswa dari 37 kampus mitra yang tersebar di seluruh Indonesia baik jenjang Sarjana ataupun Diploma. Tranformasi digital selain bentuk sistem beasiswa yang moderen dan upaya lebih menjamin transparansi proses seleksi, Pertamina Foundation juga mendukung penerapan protokol pandemi covid 19 yang sedang berlangsung. Jumlah pendaftar beasiswa besiswa Pertamina mencapai kurang lebih 14000 orang. Hal ini semakin membuktikan bahwa beasiswa Pertamina Foundation yang dicari oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia. Jadi transformasi yang dilakukan oleh Pertamina Foundation untuk mendapat atau mendukung tercapainnya visi misi sebagai Word Class Foundation.

Kami sampaikan pada kesempatan ini yang langkah bagi saya untuk hadir di tengah tengah bapak, ibuk semuanya dan adik adik semuanya penerima ataupun yang sedang melaksanakan wisuda pada kesempatan hari ini. Saya sangat mengharapkan kedepannya nanti kita bisa mengalokasikan beasiswa buat kampus yang ada di Riau khususnya dan di Indonesia pada umumnya.” Ujar Agus Mashud”

Penutup orasi ilmiahnya Agus Mashud mengatakan tidak semua kita yang akan menjadi Rektor, CIO, CFO, atau Komisaris tapi setiap diri kita digariskan takdir untuk jadi pemimpin, pemimpin diri, pemimpin emosi, pemimpin akhlak, dan pemimpin otak yang akan memimpin orang lain minimal adalah memimpin keluarga kita. Menjadi kewajiban setiap kita untuk menjadi pemimpin yang terbaik versi masing masing yang menebar kebaikan, jadi pemimpin diri inilah yang akan terbentuk masyarakat Madani,tegasnya.

Penulis             : Robil

Fotografer       : Azmi

Editor              : Kasubag Humas

WhatsApp Image 2021-06-25 at 14.17.46 (3)2021

About Jasnida Jasnida

Check Also

UIN SUSKA RIAU ADAKAN PMB JALUR MANDIRI UJIAN CAT

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau memulai hari pertama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) TA. 2022/2023 …