web analytics

UIN SUSKA RIAU PERINGKAT PERTAMA TOP PERGURUAN TINGGI DI RIAU

uin-suska.ac.id Perkembangan dunia pendidikan tinggi yang semakin pesat dan berkembang ini membuat sebagian masyarakat terkadang kebingungan dalam menentukan pilihan tempat menimba ilmu pengetahunnya. Setidaknya dengan hadirnya beragam Perguruan Tinggi ini akan bisa melaksanakan berbagai riset dan penelitian dalam pengembangan daerah. Pada skala kecil saja Provinsi Riau terdapat beberapa Universitas Negeri maupun Swasta, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik serta Lembaga Pendidikan. Perkembangan Perguruan Tinggi ini membuat lembaga 4ICU UniRank merilis dan memberikan peringkat terhadap Perguruan tinggi yang memiliki kriteria berdasarkan ketetapannya.

4ICU UniRank merupakan lembaga pemeringkatan kampus dunia yang memperkirakan peringkat global universitas berdasarkan kepopuleran web atau halaman resmi dari universitas tersebut. Dalam memberikan penilaian, 4ICU UniRank melalui halaman webnya mengatakan setidaknya ada tiga poin penting sebagai kriteria penilainya diantaranya Pertama, Universitasnya harus terakreditasi oleh badan pendidikan Nasional, seperti di Indonesia Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT), dan sejenisnya. Kedua, Universitas yang ada setidaknya harus mempunyai Program Sarjana empat tahun atau S1, Pascasarjana baik untuk tingkat Magister S2 dan tingkat Doktoral S3. Ketiga, Universitas dinilai dari sistem pendidikan, seperti format pendidikan tatap muka antar dosen dan mahasiswanya.

Sehingga kalau dilihat secara sederhana dapat dikatakan bahwa penilaian yang dilakukan oleh 4ICU UniRank menjadikan Website Universitas atau Institut sebagai bahan penilaiannya. Dengan demikian, PT yang sudah memenuhi 3 kriteria diatas tidak akan bisa masuk dalam penilaian jika tidak memiliki website institusi, website sudah kadaluarsa, atau website menggunakan domain blogspot, wordpress, dan sebagainya. Sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ada dilembaga 4ICU UniRank yang di muat dihalaman web resminya menetapkan bahwa UIN Suska Riau merupakan perguruan tinggi  top versi pertama di Provinsi Riau pada tahun 2021.

Adapun hasil 10 besar Universitas top versi 4ICU UniRank tahun 2021 di Provinsi Riau adalah sebagai berikut Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Riau (UNRI), Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Abdurrab, Universitas Pasir Pengaraian, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Universitas Islam Indragiri dan Universitas Islam Kuantan Singingi

 

Penulis : M. Huzaini

F