web analytics

Sabar Sejati (Dr. Akbarizan)

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau

Dalam hidup ini, manusia selalu menghadapi berbagai cobaan. Bahkan ada yang cukup kepayahan dalam menghadapinya. Sabar adalah sebuah kata yang mampu menghibur hati yang duka dan membalut luka yang menganga. Tapi jangan salah dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan dunia ini. Jangan sampai seperti firqah (golongan) Jabbariyyah yang berpemahaman bahwa manusia itu dipaksa Allah untuk berbuat dan manusia tidak punya daya upaya.

Apa sebenarnya sabar yang benar itu menurut Islam? Apakah hanya pasrah kepada takdir atau bagaimana? Lantas apa sajakah jenis-jenis sabar itu? Berikut pembahasan sederhana dan ringkas tentang sabar. Agar kita menjadi penyabar sejati di bawah bimbingan syariat ilahi.

Tidak berputus asa dari rahmat Allah yang tak pernah putus. Allah SWT berfirman Surat Ali ‘Imran: 200.

Ash-Shabr (sabar) secara bahasa artinya al-habsu (menahan), dan di antara yang menunjukkan pengertiannya secara bahasa adalah ucapan qutila shabran yaitu dia terbunuh dalam keadaan ditahan dan ditawan. Sedangkan secara syariat adalah menahan diri atas tiga perkara: yang pertama yaitu (sabar) dalam menaati Allah, yang kedua yaitu (sabar) dari hal-hal yang Allah haramkan, dan yang ketiga yaitu (sabar) terhadap takdir Allah yang menyakitkan. Inilah macam-macam sabar yang telah disebutkan oleh para ulama.

Jenis sabar yang pertama: yaitu hendaknya manusia bersabar terhadap ketaatan kepada Allah, karena sesungguhnya ketaatan itu adalah sesuatu yang berat bagi jiwa dan sulit bagi manusia. Memang demikianlah kadang-kadang ketaatan itu menjadi berat atas badan sehingga seseorang merasakan adanya sesuatu dari kelemahan dan keletihan ketika melaksanakannya.

Demikian juga padanya ada masyaqqah (sesuatu yang berat) dari sisi harta seperti masalah zakat dan masalah haji. Yang paling penting, bahwasanya ketaatan-ketaatan itu padanya ada sesuatu dari masyaqqah (kesulitan) bagi jiwa dan badan. Sehingga perlu kepada kesabaran.

DIposkan oleh Tim LIputan Suska News (Suardi, Donny, Azmi, PTIPD)

Dikutip dari Riau Pos Edisi Senin (27/01/2016)

redaksi@uin-suska.ac.id