web analytics

Mahasiswa Baru Diajak Mencintai Al-Quran

PEKANBARU – Sebanyak 2600 mahasiswa baru gelombang II tahun ajaran 2014-2015 Universaitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau diajak mencintai Al-Quran melalui kegiatan Penanaman Nilai-Nilai Dasar Keislaman (PNDK) di Gedung Islam Center Panam.

 

Kegiatan PNDK ini dilakukan tiap tahun pada saat sebelum mahasiswa baru mengikuti perkuliahan. Tahun ini mengusung tema Al-Quran.
Tujuannya agar mahasiswa UIN-Suska Riau lebih dekat dengan Al-Quran. Masing-masing mahasiswa baru dites membaca Al-Quran di depan tim penguji. Apabila tidak lulus tes, mahasiswa tersebut dididik selama tiga bulan. Selain itu, acara yang berlangsung selama tiga hari ini juga memberikan materi tentang aqidah, ibadah dan akhlak.

Menurut panitia, Saidan, sebagai mahasiswa UIN-Suska Riau sudah seharusnya lebih mengenal Al-Quran. Dia berharap selain bisa membaca dan mempelajari Al-Quran tapi juga bisa menterjemahkan Al-Quran.”Kita semua harus mampu mengamalkan dan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup,”katanya

Salah seorang mahasiswa baru peserta PDNK, Venesa Aisyah, mengatakan anak muda memang harus dibina untuk mencintai Al-Quran dan memperkuat akidahnya, agar punya benteng dalam menghadapi masa depan. Sementara itu, peserta PDNK lainnya, Nizam Muhdin menambahkan, membaca Al-Quran untuk mematangkan keimanan. Kedepan dia berjarap agar materinya dimatangkan lagi agar mahasiswa tidak mengantuk.

Kontributor : Lestari
Editor: Dewi Sukartik

Leave a Reply