web analytics

Capai Word Class University, UIN SUSKA Riau Jalin Kerjasama Luar Negeri

PEKANBARU – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau jalin kerjasama dengan universitas luar negeri, dalam upaya pencapaian universitas bertarap internasional atau Word Class University (WCU).

 

Kali ini, Rektor UIN Suska Riau bersama Dekan Fakultas Sain dan Teknologi mengunjungi Benua Eropa untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri. Perjalanan ke Benua Eropa tersebut dilaksanakan pada 4-14 Juli 2014. Kerjasama tersebut dilakukan pada bidang Information Technology (IT) dengan Universitas De Haute-Alsace.

Selain itu, UIN Suska Riau juga membuka peluang kerjasama internasional di bidang Teknik Industri-TI (Manufacture Engineering), Teknik Elektro (Energi dan Sustainability), Teknik Informatika-TIF (Bioteknologi) dengan University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna Austria.

Implementasi kerjasama tersebut diawali dengan kegiatan post doctoral dosen Fakultas Sain dan Teknologi UIN-Suska Riau, Dr Harris Mare dan kerjasama penelitian internasional universitas atas nama Dr Okfalisa ST, MSc. Selanjutnya, tahun depan melakukan penandatangan MoU, diawali dengan kegiatan penelitian dan summer school student.

Menanggai upaya UIN-Suska Riau dalam mencapai WOC, Rektor UIN-Suska Riau, Prof Dr Munzir Hitami MA, mengatakan, ada beberapa hal penting yang menjadi indikasi sebuah perguruan tinggi dikatakan berkelas dunia, yaitu memiliki organisasi dan menejemen yang bersih dan sehat, memiliki kultur dan lingkungan akademis yang menantang, mampu dan mandiri secara financial, memiliki hubungan baik dengan industri dan pemangku kepentingan, memiliki staff yang unggul, inputan siswa yang berkualitas tinggi, memiliki fasilitas yang baik dan keberadaannya melalui jurnal dan publikasi ilmiah yang diakui baik secara nasional maupun internasional.

“Semoga kita semua mampu melangkah dan menerapkannya bersama demi mewujudkan visi dan misi universitas kita” harapnya.(*)

Leave a Reply